nana

Powered By Blogger

Jumat, 21 Oktober 2011

Perbedaan Visual Basic dan Delphi

“ VB atau Delphi…!?? Mana yang lebih bagus? “ soal tugas pertanyaan yang sederhana, tetapi jawabannya tidak sederhana.  :-P
Sebenarnya saya sendiri bingung juga, karena saya tidak menguasai dua dua nya :-) . Tetapi bila kita telusuri sedikit lebih jauh, masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Baik Delphi ataupun VB adalah bahasa pemrograman berbasis objek / OOP (Object Oriented Programming). VB merupakan produk dari Microsoft, kelanjutan dari bahasa pemrograman BASIC. Sesuai namanya, Visual Basic memang betul betul menjanjikan kemudahan dalam membangun aplikasi. Setiap perguruan tinggi komputer, bahkan lembaga – lembaga kursus pun ikut memasukkan VB dalam pengajaran mata kuliahnya. VB cukup populer akan kemudahannya dalam membangun aplikasi.
Sedangkan Delphi adalah produk dari Borland, penerus bahasa pemrograman Pascal yang sudah terkenal keunggulannya. Delphi juga mampu membangun aplikasi – aplikasi, hanya saja Delphi lebih susah dipelajari. Keunggulan lainnya, mulai Delphi 6 ke atas, bisa membangun aplikasi cross-platform (windows-linux), satu hal yang tidak di miliki VB.             
Interface kedua aplikasi ini sebenarnya terlihat mirip. VB memiliki form form yang digunakan membangun aplikasi. Form ini memiliki dua tampilan, tampilan kode dan tampilan form. Kode-kode program disisipkan ke dalam form tersebut. Form inilah yang menampilkan tabel, gambar, tombol, dan lain lain.
Demikian juga halnya dengan Delphi. Form form juga digunakan dalam pembangunan aplikasi. Kedua aplikasi ini sama-sama memiliki toolbar untuk membantu pemrograman. Walaupun namanya berbeda beda tetapi pada dasarnya toolbar ataupun komponen pada kedua aplikasi ini memiliki fungsi serupa.
Misalnya; project explorer, object inspector, component palette, dan lain sebagainya. Mengenai OOP, pada VB klasik (bukan VB Net) OOP belumlah terlalu optimal. VB juga mirip dengan OS Windows tempatnya berjalan, tampilan bagus tetapi rapuh. Sedangkan Delphi sudah mendukung OOP. Untuk mengakses tool tool pada Delphi cukup mudah, karena disajikan dalam bentuk tab – tab, sementara itu pada VB harus membuka dialog dari preference kemudian memilih tool yang akan ditampilkan. Delphi juga lebih gampang dalam kompilasinya, juga lebih independen. Tidak seperti VB yang harus menyertakan *.dll, *.obj.
Berdasarkan hasil surfing dan browsing, ternyata kebanyakan programmer mengatakan Delphi lebih powerful, terstruktur dan aman dibandingkan VB.
Visual basic sangat populer, ini juga di dukung oleh kepopuleran Windows, mengingat mayoritas pengguna PC masih memakai OS Wndows, maka sangatlah wajar VB lebih banyak digunakan. Secara interface, VB memang lebih unggul dalam tampilan.
Delphi lebih kuat dan secure/aman. Delphi berakar pada Pascal yang memang sudah terbukti keampuhannya. Delphi juga mampu membangun aplikasi cross-platform dan .NET. Interface Delphi mungkin terlihat kaku dan dingin (tergantung, apakah anda lebih dulu belajar VB atau Delphi), tetapi hal ini adalah relatif, bagi segelintir pengguna, tampilan bukan masalah.
“Visual Basic makes the easy things easier, Delphi makes the hard things easier”   { Computerworld, 1998 }
VB membuat yang mudah tetap mudah, Delphi membuat yang susah menjadi mudah.

Referensi
obliging.wordpress.com/2008/07/13/perbedaan-interface-yang-dimiliki-visual-basic-dan-delphi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar