nana

Powered By Blogger

Jumat, 21 Oktober 2011

ROKOK....

Saat ini memang banyak teman seusia kita yang merokok. Coba deh lihat, mereka kayaknya gak canggung lagi di depan umum, masih pakai seragam sekolah pula. Mungkin dengan merokok mereka akan terlihat keren and gaul di antara teman atau orang lain. Tapi kalo kamu belum pernah ngerasain rokok, mending jangan pernah kenal deh. Banyak dampak negatif, yang paling parah ya sesuai peringatan yang ada di kemasan rokok itu. Lalu yang lainnya? Yuuuk kita pelajari...

Fakta & Dampak:

Rokok mengandung zat adiktif, yang bisa bikin kita kecanduan. Di dalam sebatang rokok terdapat 4000 bahan kimia berbahaya, 200 di antaranya beracun dan 43 jenis lainya bersifat karsiogenik yang dapat memicu kanker.
Perempuan perokok cenderung lebih rentan terkena kanker payudara. Demikian kata Dr. Janet E Olson dari Mayo Clinic College of Medicine di Rochester Minnesota, Amerika Serikat, risiko kanker payudara di mulai saat cewek remaja memutuskan mau merokok atau tidak. Hayoo… masih mau nyoba merokok gak? Coba pikir-pikir deh...
Efek nikotin rokok bikin kecanduan. Sekalipun kita udah tahu akan bahayanya, tapi dorongan untuk tetap merokok makin gencar. Mau gak mau jadi keterusan deh ngerokoknya! akibatnya makin banyak rokok yang dikonsumsi. Tadinya sih cuma 1 batang rokok sehari eh… malah jadi 2 batang.
Tar adalah zat berbahaya kedua di dalam rokok. Ketika rokok dibakar, asap dan zat tersebut langsung masuk ke dalam paru-paru dan menempel di sana. Semakin dalam kamu menghisap asap rokok maka semakin besar risiko paru-par dirusak oleh Tar. Gak heran kalo tiba-tiba kamu jadi punya masalah pernapasan. Tar juga akan mengubah warna gigi menjadi kekuningan dan menyebabkan gangguan gusi dan mulut seperti periodontitis, penyakit gusi, serta mengakibatkan kanker mulut.

Hiii….. serem kan! Merokok juga gak bikin kamu gaul hmm… yang ada kamu malah sakit-sakitan akibat terlalu banyak menghisap asap. Justru kamu akan lebih terlihat keren dan asik tanpa asap dan akhirnya banyak teman yang jadi respek sama kamu. Selain itu, daripada uang jajan habis buat beli rokok, mending sedikit-sedikit dikumpulin buat beli gadget terbaru. Cool without smoking? Of course we are!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar