nana

Powered By Blogger

Jumat, 27 Juli 2012

Manusia dan Tanggung Jawab



Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah lakunya yang di sengaja maupun tidak di sengaja. Menurut sifat dasarnya manusia adalah mahluk bermoral. Tetapi manusia juga seorang pribadi, karena merupakan seorang pribadi maka manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri. Dengan itu, manusia bertindak atau berbuat. Dengan hal ini manusia tidak akan luput dari kesalahan, kekeliruan. Baik di sengaja maupun tidak di sengaja. 

Adapun macam-macam tanggung jawab sebagai berikut:


1. Tanggung jawab kepada keluarga, Keluarga adalah masyarakat kecil, keluarga terdiri dari suami, istri,ayah, ibu, anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga, keselamatan, pendidikan, kehidupan.

2. Tanggung jawab kepada masyarakat, Manusia dalah mahluk social manusia mrupakan anggota masyarakat. Oleh karena itu, dalam berfikir, bertingkah laku, berbicara, dan sebagainya. Manusia terikat dengan masyarakat.

3. Tanggung jawab kepada bangsa atau Negara, Setiap manusia adalah warga suatu Negara dalam berfikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh Negara. Contoh : dalam novel jalan tak ada ujung karya mochtar lubis, guru Isa yang terkenal dengan guru baik, terpaksa mencuri barang¬-barang milik sekolah demi rumah tangganya. Perbuatan guru isa ini harus pula dipertanggungjawabkan kepada pemerintah. Kalau perbuatan diketahui ia harus berurusan denan pihak kepolisian dan pengadilan.

4. Tanggung jawab kepada Tuhan, Manusia ada tidak dengan sendirinya, tetapi merupakan mahluk ciptaan tuhan manusia dapat mengembangkan diri sendiri dengan sarana-sarana pada dirinya yaitu pikiran,perasaan, swelurh anggota tubuhnya, dan alam sekitarnya.

Wujud tanggung jawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan. Pengabdian dan pengorbanan adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri.

-Pengabdian
Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran dan pendapat sebagai perwujudan kesetiaan, atau suatu kesetiaan yang di lakukan dengan ikhlas.
Pengabdian itu ada hakekatnya yaitu rasa tanggung jawab. Apabila orang bekerja keras seharian penuh itu untuk mencukupi kebutuhannya. Lain halnya jika kita hanya membantu teman dalam kesulitan mungkin sampai berhari-hari itu bukan pengabdian, tetapi hanya sebuah bantuan saja.

-Pengorbanan
Pengorbanan berasal dari kata korban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengharapkan suatu imbalan maupun pamrih dari orang lain.

Perbedaan Pengabdian Dan Pengorbanan

Perbedaan antara pengertian pengabdian dan pengorbanan tidak begitu jelas. Karena adanya pengabdian tentu ada pengorbanannya. Antara sesama kawan sulit di katakannya pengabdian, karena kata pengabdian mengandung arti lebih rendah tingkatnya, tetapi untuk kata pengorbanan dapat juga diterapkan kepada sesama teman.
Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Pengorbanan dapat berupa bentuk harta benda, pikiran, perasaan, bahkan dapat juga berupa jiwanya.
Pengabdian lebih banyak menunjukan kepada perbuatan sedangkan pengorbanan lebih banyak menunjukan kepada pemberian sesuatu misalnya berupa pikiran ,perasaan, tenaga, biaya, dan waktu. Dalam pengabdian selalu dituntut suatu pengorbanan, tetapi pengorbanan belum tentu menuntut suatu pengabdian.


Sumber::
http://triicecsfabregas.blogspot.com/2011/11/manusia-dan-tanggung-jawab.html
http://www.scribd.com/doc/21572818/30/Pengabdian-dan-Pengorbanan
Digital book 1 Gunadarma
http://fauzan-zifa.blogspot.com/2012/07/macam-macam-tanggung-jawab.html#ixzz21tRqUnbC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar