nana

Powered By Blogger

Kamis, 09 Mei 2013

Sistem Informasi Car PC



Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diinginkan agar lebih efektifit dan efesiensi. Tujuan adanya sistem Interaksi Manusia dan Komputer adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik.Oleh karena itu diciptakan sebuah sistem Car-PC, dimana Car-PC adalah sebuah sistem informasi kendaraan terutama disediakan pada kendaraan berroda empat seperti mobil pribadi, mobil umum (bis, taksi, angkutan umum). Sistem informasi ini sangat membantu pengendara sebagai media penghilang kejenuhan pada saat bermacet ria terutama di Ibukota Jakarta ataupun pada saat mencari informasi suatu tempat sekalipun. Car-PC ini diterapkan pada sebuah perangkat keras PC mini touchscreen serta dengan keypad mini, dengan demikian pengguna dapat dengan mudah dan aman menikmati fasilitas Car-PC ini disetiap semua kalangan usia  serta tidak mengurangi konsentrasi berkendaraan. Car-PC ini menampilkan program antarmuka seperti: musik, video, browser serta GPS, dimana masing-masing aplikasi tersebut sangatlah interaktif dalam pengaplikasiannya baik dalam segi warna maupun grafis.

Sebagai berikut adalah tampilan antarmuka program Car-PC ini:

Pada aplikasi GPS yang tertera pada Car-PC langsung terhubung dengan satelit sehingga membutuhkan akses internet untuk mendapatkan informasi sebuah tempat tersebut. Dalam hal Browser juga pengguna membutuhkan jaringan internet untuk mengakses sebuah data informasi umum di dunia maya termasuk berkomunikasi melalui email ataupun jejaring sosial lainnya. Selain itu penggunaan satelit dapat digunakan untuk pengaksesan radio satelit serta pencarian letak seseorang berada. Untuk aplikasi Musik dan Video, para pengguna Car-PC ini hanya cukup menyentuh layar PC mini tersebut di menu musik ataupun video dan kemudian pengguna menyentuh tombol open pada layar sehingga pengguna dapat memilih musik ataupun video yang diinginkan.
Dalam pengaksesan teknologi sistem informasi Car-PC ini terbilang sangat simple dan aman tetapi selain itu juga adapun kekurangannya, salah satunya adalah pemborosan dalam pemakaian accu mobil. Dikarenakan sumber daya satu-satunya dalam kendaraan mobil hanyalah accu dan untuk pengaksesan bantuan satelit sangatlah banyak menyita sumber daya energi. Oleh karena itu, banyak inovasi yang harus dilakukan agar pengguna Car-PC semakin nyaman dalam menggunakannya.



Referensi :
http://panksgatsred.blogspot.com/2010/10/pengertian-interaksi-manusia-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar